Larang Ekspor CPO, Harga TBS Sawit Sulawesi Barat Berjatuhan

larang ekspor cpo
Gonjang-ganjing larangan ekspor CPO yang diumumkan oleh Presiden Jokowi yang sempat dipertanyakan terkait apakah larangan itu hanya bahan baku minyak goreng dan Minyak Gorengnya atau seluruh produk CPO dan turunannya. Sekarang, lewat Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 sudah jelas bahwa pelarangan ekspor keseluruhan produk CPO bukan hanya bahan baku minyak goreng dan minyak gorengnya. Padahal beberapa hari yang lalu sempat ada surat edaran dari Direktur Jenderal Perkebunan yang kemudian ditindaklanjut oleh pemerintah daerah bahwa yang dilarang ekspor adalah RBD dan Palm Olein.

Kebijakan larangan sementara ekspor dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 dimaksudkan untuk optimalisasi ketersediaan minyak goreng sebagai salah satu kebutuhan pokok yang diperlukan bagi masyarakat. Larang tersebut tersebut mencakup Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached, and Deoderized Palm Oil (RBD Palm Oil), Refined, Bleached, and Deoderized Palm Olein (RBD Palm Olein) and Used Cooking Oil (minyak goreng).

Terkait pelarangan ekspor CPO, dibeberapa daerah penghasil sawit, harga CPO mulai berjatuhan. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Barat. Menurut beberapa sumber, harga sawit dibeberapa perusahaan dikisaran 2000 rupiah per Kg TBS dan kemungkinan masih akan turun, sedangkan ditingkat petani/ pengumpul hanya berkisar 700 rupiah, beberapa timbangan sawit juga mengalami penutupan, berhenti beli buah sawit. Bahkan Salah satu perusahaan pengolahan sawit di Sulawesi Barat sudah mengeluarkan kebijakan penghentian penerimaan buah sampai waktu yang belum ditentukan. 

Perkebunan kelapa sawit di Sulawesi Barat tersebar di tiga Kabupaten, yakni Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Izin perkebunan kelapa sawit terbagi dalam 3 kategori yakni izin usaha perkebunan terintegrasi kebun dan pengolahan, Izin budidaya dan Izin pengolahan. Pelarangan ekspor CPO akan berdampak pada serapan buah TBS petani oleh perusahaan terutama perusahaan yang terintegrasi dengan pengolahan yang kemungkinan akan lebih mengutamakan pasokan buah TBS dari kebun intinya dan perusahaan yang hanya memiliki pengolahan akan kewalahan menerima buah. Semoga badai cepat berlalu dan petani sawit kembali jaya sebagaimana bait-bait indah dalam Mars Perkebunan. Wallahu A’lam !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Larang Ekspor CPO, Harga TBS Sawit Sulawesi Barat Berjatuhan"

Post a Comment