Mamuju Tengah Gelar Tumbang Perdana Kelapa Sawit Program Peremajaan Kelapa Sawit.


Mamuju Tengah, petanipekebun.com - Bertempat di Desa Polongaan Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Bupati Mamuju Tengah H. Muh Aras Tammauni mengadakan tumbang perdana yang menandai dimulainya kegiatan peremajaan kelapa sawit. Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah. Pertemuan tersebut dihadiri oleh peserta sebanyak kurang lebih 250 orang yang terdiri dari anggota kelompok tani, wanita tani, Kapolres dan Kapolsek Mamuju Tengah, para Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Mamuju Tengah, Camat dan Kepala Desa se Mamuju Tengah, Bank Mitra peremajaan kelapa sawit serta staf dinas pertanian Kabupaten Mamuju Tengah.

Pada laporan yang dibawakan oleh Kepala Dinas Pertanian Muh. Anwar, S.IP,.M.AP yang juga selaku Ketua Tim Peremajaan Kelapa Sawit Kabupaten Mamuju Tengah, melaporkan bahwa tahun 2018 Kabupaten Mamuju Tengah lewat Dinas Pertanian telah mendapatkan kuota peremajaan kelapa sawit seluas 2.500 hektar dan pada tahun 2019 baru bias direalisasikan. Lebih lanjut, Kepala Dinas Pertanian mengatakan bahwa pada tahun 2020 Mamuju Tengah juga mendapatkan kuota bantuan peremajaan kelapa sawit seluas 3.000 hektar dan diharapkan kegiatan tersebut dapat terealisasi dengan baik.

Program peremajaan kelapa sawit merupakan program yang sumber dananya berasal dari pungutan ekspor CPO oleh Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan direktorat Jenderal Perkebunan, dana tersebut dialokasikan untuk Peremajaan Kelapa Sawit. Dana tersebut diperuntukkan bagi petani kelapa sawit yang memiliki kebun kelapa sawit yang sudah tua (25 tahun keatas) atau memiliki produktivitas kelapa sawit kurang dari 10 ton tbs serta kebun kelapa sawit yang menggunakan sumber bibit illegal (bibit cabutan).

Bupati Mamuju Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan yang diterima oleh Kabupaten Mamuju tengah diharapkan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Lewat Kesempatan tersebut, Bupati juga mendemontrasikan langsung penebangan kelapa sawit dengan menggunakan alat berat, kegiatan tersebut disambut meriah para peserta acara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mamuju Tengah Gelar Tumbang Perdana Kelapa Sawit Program Peremajaan Kelapa Sawit."

Post a Comment