Kuliah 07 Perlintan; Hama Tanaman


Pengertian Hama
 
Hama Penghisap Buah Kakao
Ada banyak pengertian tentang hama tanaman, diantaranya adalah :

  1. Hama merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman yang umumnya berupa binatang ataupun sekelompok binatang yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman budidaya dan menimbulkan terjadinya kerugian secara ekonomis.
  2. Hama adalah binatang atau sekelompok binatang yang menyebabkan kerusakan pada tanaman budidaya dan menyebabkan kerugian secara ekonomis (Anonymous ,2012).
  3. Hama adalah suatu gangguan yang terjadi pada tanaman atau pada komoditas tertentu yang disebabkan oleh binatang sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan dan kerugian secara ekonomis (Raharjo,2012).
Ciri-Ciri Hama Tanaman
  1. Hama dapat dilihat oleh mata telanjang
  2. Umumnya dari golongan hewan (tikus, burung, serangga, ulat dan sebagainya).
  3. Hama cenderung merusak bagian tanaman tertentu sehingga tanaman menjadi mati atau tanaman tetap hidup tetapi tidak banyak memberikan hasil.
  4. Serangan hama biasanya lebih mudah di atasi karena hamanya tampak oleh mata atau dapat dilihat secara langsung.
Penyebab Terjadinya Hama
  1. Perubahan lingkungan; pada eksosistem alami makanan serangga terbatas  sehingga populasi serangga juga rendah. Pada ekosistem pertanian, makanan serangga melimpah sehingga populasi juga tinggi tanpa dapat diimbangi oleh musuh alaminya.
  2. Perpindahan tempat; Serangga hama dapat berpindah tempat secara aktif maupun pasif. Perpindahan tempat secara aktif dilakukanoleh imago dengan cara terbang atau berjalan. Secara pasif dilakukan oleh factor lain seperti; tertiup angin atauterbawa pada tanaman yang dipindahkan oleh manusia. Di tempat yang baru populasi serangga ini bertambahdengan cepat bila faktor lingkungan mendukungnya
  3. Perubahan pandangan manusia; Konsumen menerapkan standar tinggi terhadap produk pertanian, produk yang diserang hama dibeli murah. Hingga ini berdampak pada konsep pengendalian hama. Hama harus total dibersihkan.
  4. Aplikasi insektisida yang tidak bijaksana; menyebabkan permasalahan hama semakin kompleks, banyak musuh alami mati sehingga populasi seranggabertambah tinggi disamping berkembangnya resistensi, resurgensi dan munculnya hama sekunder.
Status Hama
  1. Hama utama adalah serangga hama yang selalu menyerang tanaman dengan intensitas serangan yang berat sehingga diperlukan pengendalian.
  2. Hama sekunder adalah hama yang pada keadaan normal akan menyebabkan kerusakan yangkurang berarti tetapi kemungkinan adanya perubahan ekosistem akan dapat meningkatkan populasinya sehingga intensitas serangan sangat merugikan.
  3. Hama migran adalah hama yang tidak berasal dari agroekosistem setempat. Kelompok hama yang datang dari luar dan sifatnya berpindah-pindah. Dapat menimbulkan kerusakan yang berarti tapi namun hanya dalam jangka waktu yang pendek, karena akan berpindah ke daerah lain.
Kelompok Hama
Hama yang menyerang organ tumbuhan umumnya adalah hewan. Secara garis besar, hama tanaman dikelompokkan menjadi tiga kelompok sebagai berikut:
1.   Kelompok hewan menyusui (mamalia), seperti tikus.
2.   Kelompok serangga (insekta) seperti belalang.
3.   Kelompok burung (aves), seperti burung pipit.

Pengelompokan Hama Berdasarkan Jenis Makanannya
  1. Serangga monofag yaitu serangga yang hanya mempunyai satu jenis makanan saja, misalnya Elaeidobius kamerunicus hanya makan bunga jantan kelapa sawit.
  2. Serangga oligofag yaitu serangga yang makan beberapa jenis makanan tetapi makanan tersebut masih dalam satu kelompok atau famili, misalnya serangga yang hanya makan daun dari tanaman famili Cucurbitaceae, famili Palmae.
  3. Serangga polifag adalah serangga yang mempunyai kisaran inang yang banyak seperti Spodoptera sp. mempunyai inang dari talas, kedelai, jagung, kapas, dll
  4. Serangga karnivora adalah serangga yang makan serangga atau hewan lain.
  5. Serangga saprofag adalah serangga yang memakan sisa-sisa bahan organik
  6. Serangga  koprofag adalah serangga yang makan kotoran hewan lain.
  7. Serangga fitofag adalah serangga yang memakan tumbuhan
Pengelompokan Hama Berdasarkan Gejala Kerusakan
  1. Hama pemakan, bagian dimakan daun, batang dan akar
  2. Hama penyebab puru/bengkak, merusak jaringan tanaman muda dan meninggalkan sekresi/ cairan penyebab puru.
  3. Hama Penggerek, merusak dengan cara mengebor bagian tanaman dan hidup dalam bagian yang digerek.
  4. Hama penusuk/penghisap, hama menusuk lapisan epidermis dan menghisap cairan tanaman. Bekas tusukan berupa bercak-bercak.
  5. Hama penggorok, memakan daging daun dan meninggalkan epidermisnya sehingga daun tampak transparan.
  6. Hama penggulung, menggulung daun kemudian memakan dari dalam gulungan.
Download Materi Kuliah Format PDF disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliah 07 Perlintan; Hama Tanaman"

Post a Comment