Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengendalian Mutu Kakao Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah

Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah yang membidangi perkebunan, menggelar bimbingan teknis pengendalian mutu kakao bagi pengurus kelompok tani khususnya petani kakao di Desa Tobadak Kabupaten Mamuju tengah.  Bimtek ini diikuti oleh 30 orang peserta pengurus kelompok tani dari berbagai kecamatan di Kabupaten Mamuju Tengah. Turut diundang Kordinator PPL dan PPL Wilayah Binaan Desa Tobadak.
Pembukaan bimtek pengendalian mutu kakao
Panitia penyelenggara yang juga sebagai kepala seksi produksi bidang perkebunan sekaligus mengantar materi bimtek, Syamsuddin mengatakan bimtek ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia bagi petani kakao dalam meningkatkan mutu kakao sesuai dengan pedoman teknis budidaya kakao yang baik.
“Sasaran dari bimtek ini adalah para pengurus kelompok tani kakao yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah sebagai salah satu upaya Dinas Pertanian dalam hal ini bidang perkebunan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan mutu kakao, “ ujarnya.
Penyerahan secara simbolis baju peserta bimtek
Bimbingan teknis pengendalian mutu kakao akan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama pemaparan materi di kelas dan hari kedua pelaksanaan praktek langsung dilapangan yang akan dibimbing oleh pemateri yang kompeten di bidang kakao.
Buah kakao yang telah dipanen
Acara bimbingan teknis pengendalian mutu kakao dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perkebunan mewakili Kepala Dinas Pertanian Nur Zain S.Hut. Disela-sela pembukaan acara beliau mengatakan bahwa perkebunan kakao menghadapi banyak tantangan salah satunya adalah maraknya alih fungsi lahan dari lahan kakao ke komoditi lain seperti kelapa sawit. Diharapkan dengan adanya bimtek ini petani kakao dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana meningkatkan kualitas mutu kakao serta tetap bersemangat dalam mengelola kakaonya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengendalian Mutu Kakao Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah"

Post a Comment