Koordinasi Lintas Teknis Peningkatan Produksi Tanaman Tahunan Dan Penyegar

Menyusul kegiatan peremajaan kakao dan kopi yang tersebar di 6 Kabupaten Sulawesi Barat dengan jumlah luasan 950 Ha untuk program APBN-P 2017 serta rencana kegiatan tahun 2018, maka Dinas Pertanian yang membidangi perkebunan mengadakan rapat koordinasi di Kabupaten Mamuju. Rapat koordinasi dilaksanakan di Marannu Hotel mulai tanggal  3-4 November 2017 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Sulawesi Barat Ir. H. Hamzah S. MMA dan didampingi oleh Kepala Bidang Perkebunan Ir. H. Abd. Waris Bestari. Peserta pertemuan terdiri dari utusan Dinas Pertanian yang membidangi perkebunan tiap kabupaten serta penyuluh pendamping TKP-PLP.
Ada beberapa permasalahan yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yang pertama mengenai pendampingan kegiatan APBN-P tahun 2017. Terkait kegiatan peremajaan tanaman perkebunan, ada dua komoditi yang akan diremajakan yakni komoditi kakao seluas 950 Ha di semua Kabupaten di Sulawesi Barat dan komoditi kopi seluas 200 Ha untuk Kabupaten Polman.
Kedua, mengenai rencana program APBN Tahun 2018, yang masih menekankan pada peremajaan kakao seluas 880 Ha di semua kabupaten kecuali Kabupaten Mamasa, intensifikasi kakao seluas 500 untuk Kabupaten Mamuju dan intensifikasi kopi seluas 300 Ha untuk Kabupaten Mamasa.
Ketiga, sosialisasi Permentan No. 18/Permentan/KB.330/5/2016 tentang Pedoman Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit. Rencana peremajaan kelapa sawit sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2018. Ada 3 Kabupaten yang menjadi target peremajaan kelapa sawit yaitu Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara. Peremajaan dikhususkan pada kelapa sawit yang telah berumur diatas 25 tahun atau yang produktivitasnya sama atau dibawah 10 ton TBS/Ha/Tahun serta penggantian tanaman sawit yang terindikasi berasal dari bibit ilegal.  
Diharapkan dalam pertemuaan koordinasi lintas teknis tersebut dapat membangun kesepahaman utamanya dalam menyiapkan data CPCL (Calon Petani Calon Lahan) yang menjadi syarat untuk diturunkannya bantuan. Data CPCL sendiri harus sudah rampung pada pertengahan bulan November 2017 baik data CPCL peremajaan kakao maupun data CPCL replanting tanaman sawit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Koordinasi Lintas Teknis Peningkatan Produksi Tanaman Tahunan Dan Penyegar"

Post a Comment