Bibit Kelapa Dalam Program APBN 2017 Mulai Disalurkan Ke Kelompok Tani



 Kegiatan peremajaan kelapa dalam sudah sampai pada tahap pembagian bibit ke kelompok tani. Untuk sementara bibit ditampung pada salah satu pengurus kelompok tani. Bibit akan dibagikan setelah ada instruksi resmi dari Dinas Pertanian Provinsi ataupun Kabupaten.
Bibit kelapa dalam
Program peremajaan kelapa dalam dimaksudkan untuk membantu meremajakan kelapa dalam yang dimiliki oleh petani. Kelapa dalam yang diremajakan merupakan kelapa dalam yang sudah tua atau sudah tidak produktif lagi. Kabupaten Mamuju Tengah memperoleh jatah peremajaan kelapa dalam seluas 150 Ha untuk tahun 2017 program APBN 2017 melalui DIPA Direktorat Jenderal Perkebunan Tugas Pembantuan Provinsi. Ada dua Kecamatan yang mendapatkan bantuan bibit kelapa dalam yakni Kecamatan Karossa dengan empat kelompok tani dan Kecamatan Topoyo dengan dua kelompok tani.
Anggota kelompok tani penerima manfaat
Kelompok tani yang memenuhi syarat diusulkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah dan disahkan oleh Dina Pertanian Provinsi Sulawesi Barat. Pemilihan kelompok tani penerima manfaat didasarkan pada potensi lahan yang dimiliki  dan merupakan daerah sentra kelapa dalam serta kesediaan kelompok untuk menerima persyaratan bantuan diantaranya kesediaan untuk menebang pohon kelapa petani yang akan diremajakan.
Penyerahan secara resmi bibit kelapa dalam

Jumlah bibit yang diterima anggota kelompok tani tiap hektarnya adalah 100 pobon bibit kelapa dalam. Selain bantuan bibit kelapa dalam, petani juga mendapatkan paket bantuan pupuk sebanyak 30 Kg/Ha. Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan produksi kelapa dalam yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi petani. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bibit Kelapa Dalam Program APBN 2017 Mulai Disalurkan Ke Kelompok Tani"

Post a Comment